Jumat, 10 Juni 2011

Beberapa Sifat yang Merugikan Diri Sendiri

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8977416



SALAM SEJAHTERA BUAT AGAN / SISTA SEMUA



Quote:
Sesuai dengan judul THREAD ane yang di atas,,apakah agan2/sista memiliki sifat2 tersebut..nah..kalo ada,,sebaiknya di hindari..
SIFAT APAKAH ITU..???
Disini ane akan coba menguraikan sifat2 tersebut yang dapat merugikan diri kita sendiri
sebenarnya banyak see sifat2 tersebut..tapi disini ane nyebutin 5 aja.. dan sifat ini yang mungkin sering kita jumpai dalam diri kita..

Quote:
1. Bashful
(Sering menghindari perhatian karena malu)

Spoiler for Bashful:
Quote:
Agan sekalian, malu itu memang betul adalah sebagian dari iman, namun marilah kita berfikir jernih bahwa bagaimana agar kita bisa mengambil timing yang tepat guna menempatkan rasa malu ini. Bila kita berbuat jahat tentunya harus malu, korupsi itu harus malu, memaki-maki orang lain seharusnya malu, menganiaya orang juga seharusnya malu, dan pelit adalah seharusnya amat malu. Namun yang terjadi di alam nyata kita adalah justru sebaliknya, berbuat baik malah malu, bersedekah malah malu, beribadah malah malu, mengajak yang baik malah malu. Giliran diajak rame-rame nonton bekicot malah jawabnya nggak ah, nggak malu maksudnya, hemmmm, giliran diajak rame-rame berpose seksi, kagak ah, kagak ade malu-malunye, Diajak korupsi ndak lah, ndak usah malu malu kamsudnya..
2. Unforgiving
(Sulit melupakan sakit hati atas ketidakadilan yang dialami, biasa mendendam)

Spoiler for Unforgiving:
Quote:
Dendam adalah sifat jelek yang ada pada manusia, sikap tidak mau memaafkan kesalahan orang lain akan berdampak pada dendam kesumat yang tidak ada batasnya, akibat hal ini akan menghambat proses hidup sosial kita, dampaknya kita akan rasakan yaitu merasa banyak musuh.
Ada seribu satu hal penting yang membutuhkan curahan perhatian kita. Dengan melakukan semuanya itu, hidup kita menjadi lebih berarti. Jika kita membuang-buang waktu, tenaga, dan perhatian hanya untuk mengurusi dendam; maka semua hal positif yang menanti kita untuk bertindak akan terbengkalai begitu rupa. Sehingga, hidup kita menjadi kurang bermakna. Jadi, bisakah kita mengatakan kepada diri kita sendiri bahwa; ‘kita tidak memiliki waktu untuk membalas dendam’. Oleh karena itu, setiap perbuatan buruk orang lain kepada kita, tidak perlu dibalas dengan perbuatan buruk yang sama. Dengan begitu, selain kita bisa menjadi manusia yang pemaaf; kita akan terbebas dari sesuatu yang kita sebut sebagai ’sakit hati’ itu. Kita juga bisa melakukan banyak hal lain yang lebih berguna dalam hidup ini. Jadi, perlukan membawa-bawa dendam ini disepanjang hidup kita?
3. Pessimistic
(Sering melihat sisi buruk lebih dulu pada situasi apapun)

Spoiler for Pessimistic:
Quote:
Pesimis adalah memandang alam dengan kebencian, dan melihat dunia dengan kemurkaan. Orang yang pesimis melihat sesuatu itu hitam. Baginya, bunga itu tampak berduri, butir tanaman tampak baginya bom, dan melihat hujan baginya bagaikan api. Orang pesimis itu selalu mengerutkan dahi, berwajah muram, dadanya sempit, tidak mempunyai asa, harapan, jalan keluar, tidak pula kemudahan. Dia melihat bahwa hari-hari itu selamanya malam, kefakiran akan selalu meyertai, kelaparan akan senantiasa menemani, dan sakit tidak akan sembuh. Kamus orang pesimis itu berisi kematian, sakit, kebinasaan, kegalauan, kegagalan, dan keterpurukan. Pesimis adalah sikap dimana manusia banyak didominasi oleh pikiran negatif. Manusia yang pesimis memiliki hidup penuh kebimbangan dan keraguan, tidak yakin pada kemampuan diri sendiri, kepercayaan dirinya mudah goyah dan mudah putus asa kalau menemui kesulitan atau kegagalan, selalu mencari alasan dengan menyalahkan keadaan dan orang lain sebagai proteksi untuk membenarkan dirinya sendiri, padahal di dalam dirinya dia tahu bahwa betapa rapuh mentalnya, orang pesimis lebih percaya bahwa sukses hanyalah karena kebetulan, keberuntungan atau nasib semata.
4. Too sensitive
(Terlalu introspektif/ingin dipahami, mudah tersinggung kalau disalah pahami)

Spoiler for Too sensitive:
Quote:
Salah satu hal yang sering membuat energi kita terkuras adalah timbulnya rasa ketersinggungan diri. Munculnya perasaan ini sering disebabkan oleh ketidaktahanan kita terhadap sikap orang lain. Ketika tersinggung, minimal kita akan sibuk membela diri dan selanjutnya akan memikirkan kejelekan orang lain.Apa yang menyebabkan orang tersinggung? Ketersinggungan seseorang timbul karena menilai dirinya lebih dari kenyataan, merasa pintar, berjasa, baik, tampan, dan merasa sukses. Setiap kali kita menilai diri lebih dari kenyataan bila ada yang menilai kita kurang sedikit saja akan langsung tersinggung. Peluang tersinggung akan terbuka jika kita salah dalam menilai diri sendiri. Karena itu, ada sesuatu yang harus kita perbaiki, yaitu proporsional menilai diri.
5.Critical
(Suka mengevaluasi/menilai/berpikir/mengkritik secara negatif)

Spoiler for Critical:
Quote:
Masalah-masalah rumit yang dialami manusia, seringkali dan bahkan hampir semua, sebenarnya berasal dari dalam diri. Mereka tanpa sadar menciptakan mata rantai masalah yang berakar dari problem konsep diri. Dengan kemampuan berpikir dan menilai, manusia malah suka menilai yang macam-macam terhadap diri sendiri maupun sesuatu atau orang lain – dan bahkan meyakini persepsinya yang belum tentu obyektif. Dari situlah muncul problem seperti inferioritas, kurang percaya diri, dan hobi mengkritik diri sendiri, dan bahkan orang lain.Orang yang sering mengalami sifat ini akan mempunyai pemikiran yang cenderung negatif dalam memandang dan merespon segala sesuatunya, termasuk menilai diri sendiri. Segala situasi atau stimulus yang netral akan dipersepsi secara negatif. Misalnya, tidak diundang ke sebuah pesta, maka berpikir bahwa karena saya “miskin” maka saya tidak pantas diundang. We are what we think. All that we are arises with our thoughts. With our thoughts, we make the world. Jadi, semua itu banyak tergantung pada cara kita memandang segala sesuatu, baik itu persoalan maupun terhadap seseorang. Jadi, kendalikan pikiran kita jika pikiran itu mulai menyesatkan jiwa dan raga.
Quote:
sekian dulu gan..persepsi dari ane...
bagi agan2 yang mau nambahin silahkan agan2 tambahkan..
ntar ane update lagi tambahan dari agan2 semua..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar