Minggu, 22 Mei 2011

Tips n Trick Berbicara di Depan Umum

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7577677

Bosan menjadi seorang yang pasif dan ingin lebih percaya diri di depan banyak orang? Mulailah memperkaya dan membangun rasa percaya diri! Anda bisa mulai mencoba trik berikut!



Tahukah Anda, tak semua orang yang saat ini berhasil menjadi pembicara atau pelaku presentasi di muka umum adalah orang yang terlahir dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Sebagian dari mereka juga kerap dilanda “demam panggung” ketika harus menjadi pusat perhatian di dalam suatu komunitas.

Ya, demam panggung memang bisa melanda siapa saja. Tak hanya seorang public speaker, karyawan biasa yang pada suatu ketika harus mengajukan usul dalam ruang rapat sekalipun bisa saja terserang demam panggung.

Ketika giliran harus menyuarakan pendapat, tiba-tiba hilang seluruh keberanian berikut rangkaian kata yang sudah disusun rapi dalam benak. Atau, saat harus menjelaskan usulan yang sedang dibahas, Anda kehilangan speech control. Bicara pun jadi tak fokus dan terkesan tak berujung pangkal.

Sesi berikutnya, Anda pun ditinggal audiens yang awalnya sudah siap mendengarkan penjelasan dari Anda. Nah, tak perlu putus asa bila kerap mengalami hal demikian! Ada banyak trik yang bisa dilakukan agar rasa percaya diri Anda tumbuh ketika berbicara di depan umum.

1 Jaga Kecepatan Bicara
Jaga laju berbicara agar tetap moderat. Jangan berbicara terlalu cepat. Orang akan sulit mengerti apa yang Anda bicarakan bila berbicara terlalu cepat. Kebanyakan pembicara yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan bicara perlahan, namun tak kehilangan fokus atau jadi membosankan.

2 Kembangkan Bahasa
Luangkan waktu untuk meningkatkan kemampuan kosa kata Anda. Jangan bicara berlebihan, terutama saat sedang melakukan presentasi. Bila kerap menggunakan kata-kata yang berlebihan akan membuat Anda terlihat kurang cerdas. Begitu pula bila kerap menggunakan banyak istilah dalam pilihan kata, hanya untuk membuat Anda tampak lebih berwibawa.

3 Gunakan Diafragma
Bicaralah melalui diafragma (rongga dada). Ini akan memberi Anda resonansi suara dan proyeksi.

4. Buka Tangan
Gunakan gestur (bahasa tubuh) membuka tangan dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas. Ini akan memberi kesan Anda mengatakan, “Saya tak punya hal yang perlu disembunyikan. Saya hanya bicara yang sebenarnya!” Namun, jangan melakukannya berlebihan, karena akan mengganggu atau mengacaukan perhatian audiens Anda.

5. Pelihara Kontak Mata
Sementara Anda memaparkan pemikiran, sebaiknya lakukan dengan tetap memelihara kontak mata dengan semua lawan bicara Anda. Ini akan membuat Anda tak kehilangan fokus saat berbicara di muka umum.

6. Berdiri Tegak
Cobalah untuk tetap berdiri tegak setiap kali Anda memiliki kesempatan berbicara di depan umum. Jangan simpan tangan Anda dalam saku celana, dan jangan lupa untuk selalu menyunggingkan senyum terbaik, tanpa kesan dibuat-buat.

7. Buang Beberapa Kata
Kebiasaan mengatakan, “Eee…”, “Apa itu”, atau “Anu”, sebaiknya mulai Anda hilangkan saat berbicara di muka umum. Menggunakan frase atau kata-kata seperti ini akan membuat Anda terlihat tak percaya diri dan tidak profesional.

Tambahan dari kaskuser


Quote:
Originally Posted by wala View Post
nambahin dikit gan buat kecepatan bicara

menurut dosen ane di mata kuliah public speaking and presentation :

klo kita bicara cepet, berarti apa yang didenger itu sangat cepet
klo kita bicara normal, berarti apa yang didenger itu cepet
klo kita bicara lambat, berarti apa yang didenger itu normal

begitu kurang lebih gan..
Quote:
Originally Posted by syukurniadi View Post
datang lebih awal untuk sosialisasi dgn area dan beberapa audien.
berpikir positif, niat tulus dari hati.
tetap rendah hati tp jgn sampai rendah diri.
bayangkan posisi anda sbg audien untuk memposisikan anda yg tepat.
Groginya cuma 5 - 10 menit diawal (tetap jaga ritme). jika sudah melewati waktu itu jauh lebih gampang.
Quote:
Originally Posted by rheind View Post
yang pasti kita mesti kuasai dulu apa yang mau kita bicarakan,,
selebihnya anggap aj mereka kayak orang2 yang tau sedikit aj dengan topik yang mau kita omongin,,
jangan takut jika ditanya2, toh mereka belum tentu lebih ngerti dari kita yang punya topik,,
sekedar share buat ngebangun kepercayaan diri gan
Quote:
Originally Posted by Kongming88 View Post
VISUALISASIKAN
ini kunci untuk menghipnotis audience gan
bayangkan suasana yang agan inginkan waktu agan bicara, ajak audience larut dalam suasana itu..
biasanya dengan story lebih efektif
Quote:
Originally Posted by Knight Wisdom View Post
Ane boleh nambahin tipsnya gan?
ada yang perlu dikembangkan sebagai seorang pembicara.
- Bahasa Tubuh = pembicara yang terbaik memiliki bahasa tubuh yang efektif sejalan dengan apa yang dia sampaikan.
- Cara berkata (Intonasi, cepat lambat, jeda, kelancaran dan tinggi rendah)
- Slide presentasi hanya alat bantu dan pusat perhatiannya adalah sang pembicara.
- Belajarlah storytelling = para pembicara hebat selalu bisa memasukkan audiens dalam cerita-cerita. Berlatihlah cerita, minimal tentang pengalaman anda sendiri.
- Belajar Jokes yang cerdas dan tidak ketinggalan jaman = walaupun terlihat sepele, tapi kita sering mengalami dimana kita ngantuk sama orang yang hanya sekedar presentasi. Jokes membuat siapapun yang sarafnya tegang menjadi kendor dan itu memudahkan mereka untuk menyukai kita.
- Gunakan YOU VIEW POINT = maksudnya adalah, berbicaralah tentang sesuatu yang ingin mereka dengar, bukan yang ingin anda katakan. Berbicaralah lebih banyak tentang mereka dan kepentingan mereka.
Ini beberapa tips tambahan dari ane gan. Selama ini ane sering ngisi seminar dan training motivasi.
semoga bermanfaat.
Quote:
Originally Posted by anzumazaki19 View Post
ane sih ada cara sendiri biar pede gan..
mata ane kan min ,jadi tiap ane maju buat bicara ke depan,ane lepas kacamata ane.
jadi ga gugup lho gan.
buat yang matanya min boleh coba deh ini
Quote:
Originally Posted by agengnih View Post
salah satu tambahan saat ane dpt materi presentasi efektif :
1. Upayakan materi yg akan kita bawakan sesuai dengan "bahasa" pendengarnya
2. Untuk menambah waktu berpikir saat ditanya suatu pertanyaan,. kita bisa mengulang kembali pertanyaan tersebut dan juga memungkinkan meminta pendapat kpd yg lain, disaat kita mento gak bisa jawab
Quote:
Originally Posted by thewadukz View Post
Gan, ane ijin share yaaa.
kalo berkenan taro dipekiwan
siapa tau bisa berguna buat yang lain.
ane termasuk orang yang sering "demam panggung" kalo mau tampil di depan umum. bahkan mungkin demam panggung ane keterlaluan..bisa2 keringet dingin, nafas jadi sesak, jantung makin deg-degan, kadang ampe pandangan jadi rada kabur gan.
ane suka mikir, "wah, bisa-bisa ane kena serangan jantung".
parah banget ane.
Parahnya dikampus, hampir tiap mata kuliah ada tugas presentasinya..
jadi ane mau ga mau mesti ngadepin situasi kayak diatas..
Alhamdulillah ane dapet "ilmu" dari film TAKEN.
pas jagoannya nyelametin penyanyi yang mau dibunuh..
jagoannya nyuruh penyanyi itu minum yang manis2, untuk meredakan adrenalinnya yang lagi tinggi (pada saat itu penyanyi yg mo dibunuh itu ketakutan setengah mati gaan).
ane coba gan..apa iya minum yang manis-manis bisa bikin adrenalin turun, dan stress atau deg-degan jadi agak reda...
BENER GAN..terbukti.
paling tidak buat ane pribadi, minum yang manis-manis bisa bikin adrenalin turun.
ane pribadi ga tau apakah terbukti secara ilmiah atau tidak, tapi yang jelas itu yang ane rasain.
walhasil, tiap mau tampil, ane selalu usahain sedia teh manis kemasan...
dan begitu tampil, gugup dan demam panggungnya alhamdulillah lumayan mereda.
nb: terbukti ma ane, belum tentu terbukti ma orang lain..tapi layaklah untuk dicoba..hehe
Quote:
Originally Posted by kasKASKUSkas View Post
nambahin gan, klo berkenan pajang di depan :
kuasai materi
menyampaikan materi secara urut
jangan terlambat datang di ruangan
tetep kontak dengan pendengar
ini pengalaman ane gan. Ane ga ada dasar ilmu public speaking sama sekali, tapi job ane musti presentasi di depan rekanan bisnis. Awalnya sih deg2an gak karuan gan, lama2 biasa juga kok, yang penting 4 hal di atas dipraktekin. Selain itu, perlu banyak latihan, buat nambah jam terbang juga....
Quote:
Originally Posted by sheikh.kaskus View Post
simple tips dari ane :
1. bagaimana menghilangi rasa takut
rasa grogi adalah baik adanya ketika kita berada di panggung karena akan memacu adrenalin kita. intinya bagaimana kita mengontrol rasa grogi itu.
- Tarik napas, tahan , hitung sampai 5 sambil mengeluarkan napas perlahan.
- Pejamkan mata anda dengan tujuan agar berkonsentrasi
- ingat kembali point2x yg anda hrs bicarakan!!! ingat jangan menghapal tapi dimengerti dan mencoba utk mengalirkan topik tersebut.
2. di saat anda kehilangan arah pd saat berbicara atau lupa, pergunakan waktu jedah 2 3 detik, dan selama itu anda dapat berpikir, relax namun pandangan tetap fokus ke audience.
3. Jika anda grogi melihat mata audience, anda dpt melihat jidat mereka.
4. Sebelum tampil, ingat Penampilan adalah hal yg essential!! sehebat apapun anda berbicara tp tdk didukung penampilan yg rapi anda akan sia2x
5. Berlatih di kaca malam sebelum presentasi adalah hal yg mutlak dan saya yakin metode msh digunakan oleh para MC handal.
6. Berdoa.
Ingat anda tidak akan bisa berhasil kalau anda selalu takut gagal, malu!! Saya sendiri mensyukuri kegagalan saya sebelumnya pd saat berbicara di dpn umum, dgn begitu anda dpt lbh tau dan jauh lbh baik dr sebelumnya.
Quote:
Originally Posted by xabier.alonso View Post
jangan terlalu banyak pake istilah asing gan.
biasakan pake istilah yang emang dimengerti banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar