Selasa, 12 April 2011

Strategi memilih lokasi...!!!!!!

Ane mulai,
Kebetulan ane lulusan sekolah menejemen dan seorang praktisi bisnis.. (yaah.., skala usaha tidak perlu di permasalahkan.. Menurut ane gede, barangkali menurut agan2 sekalian.."ah cuma segitu kok di bilang gede, norak lu TS".. Jadi kita asumsikan disini skala usaha tidak lah penting).

Bagi agan dan aganwati yang pernah mendapat atau sedang mengambil kuliah jurusan manajemen, sudah tentu tidak asing dengan yang namanya 4P atau bauran pemasaran; Adalah 4 faktor yang menjadi dasar manajemen pemasaran. Bagi yang masih menganggap hal baru, berikut ini sedikit penjelasan nya:

Spoiler for Bauran Pemasaran:

1. Product
Secara ringkas, produk yang kita ciptakan harus memiliki keunggulan kompetitif terhadap pesaing.. Harus memiliki pembeda dengan produk pesaing.. Apabila ingin merebut pasar pesaing.., produk kita harus lebih unggul terhadap produk pesaing sejenis.
2. Price
Faktor harga adalah faktor yang kedua. Di sini pemasar harus pintar2 menentukan harga yang ditawarkan atas produknya. Faktor harga juga menentukan strategi persaingan apa yang akan diambil atas produk tersebut.(ex: target market nya adalah menengah kebawah.., jadi dalam penentuan harga haruslah di bawah pesaing.. Atau seandainya kita bersaing dalam "ceruk", maka harga haruslah bener2 terjangkau oleh konsumen. Sebaliknya, seandainya kita bersaing dalam kualitas.., maka harga harus diatas pesaing.. Hal tersebut sekaligus menciptakan image di mata konsumen bahwa produk kita lebih bermutu di banding produk sejenis lainnya di pasaran.
3. Place
Place atau lokasi adalah faktor yang ketiga. Penentuan lokasi sangat menentukan fleksibilitas pemasaran akan produk.
4. Promotion
Ini adalah "P" yang terakhir. Biaya anggaran untuk promosi biasanya yang paling besar.. Apalagi untuk produk yang masih dalam tahap perkenalan dan pertumbuhan.


Demikian secara ringkas penjelasan tentang dasar menejemen pemasaran yang paling umum. Disini TS akan sedikit bercerita tentang pengalaman dan berpendapat mengenai faktor yang paling utama (yang harus di dahulukan) atas 4 faktor tersebut.

Spoiler for Pengalaman TS:

Dari keempat faktor tadi, menurut ane yang paling utama untuk di pikirkan adalah PENENTUAN LOKASI (PLACE). Penentuan lokasi merupakan hal mendasar yang harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Kesalahan dalam menentukan lokasi dapat berakibat fatal.
Berikut ini adalah Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam memilih lokasi, yang ane coba ekstraksi dari pengalaman pribadi, antara lain:

1. Lokasi harus mudah diakses dan relevan dengan produk yang akan kita tawarkan.
Kemudahan akses dalam hal ini tidak hanya melihat dari sisi konsumen yang akan kita sasar, tetapi kemudahan akses bagi supplier atau bagi kita terhadap raw material.

2. Lokasi wajib memiliki lahan parkir yang cukup.
Dari pengamatan pribadi ane, ketersediaan tempat parkir juga menjadi salah satu alasan bagi konsumen untuk datang. Kenyaman dan keamanan dalam berparkir bisa di jadikan pertimbangan konsumen untuk kembali lagi.

3. Citra area harus diperhitungkan.
jika memungkinkan lokasi berada dalam area yang memiliki image yang relevan sebagai pusat perdagangan. Lokasi yang berada di dalam pusat perdagangan akan lebih sering dilalui dan dilihat orang, bukan hanya ramai dilalui kendaraan, dengan demikian dapat memperbesar peluang dalam menjaring konsumen. Selain itu melalui lokasi setidaknya kita sudah dapat memperkenalkan diri.

4. Hindari lokasi yang telah padat oleh pesaing usaha sejenis.
Lokasi yang telah padat dengan pesaing akan menurunkan daya tawar kita di mata konsumen, apalagi jika kita merupakan pemain baru dalam industri. Lokasi dengan industri yang homogen (cluster industry) akan dapat memberikan keuntungan apabila di dalamnya terjadi interaksi antara pelaku usaha yang saling menguntungan; seperti iklan bersama, penggunaan gudang bersama, akses kolektif supplier, dll.

5. Harga sewa lokasi juga harus dipertimbangkan.
Kesesuaian antara harga sewa dengan target profit harus tercapai dan logis. Sewa harus dipandang sebagai suatu investasi bukan hanya sekedar cost belaka.

Terlepas dari semuanya, lokasi bukan jawaban mutlak bagi kesuksesan bisnis, tapi lokasi yang baik akan membantu bisnis anda untuk sukses. Masih banyak faktor lain yang juga menjadi penentu sukses tidaknya bisnis yang kita jalani; seperti menjaga kualitas layanan, iklan yang menarik, dll.

Jangan pernah lupa bahwa rizki yang kita dapatkan telah diatur oleh Yang Maha Kuasa, melalui yang biasa kita sebut sebagai "nasib". Oleh karena itu doa yang disertai usaha lahir merupakan jawaban untuk meraih "nasib" yang dapat membawa bisnis kita menuju kesuksesan.



Bagaimana untuk agan dan aganwati sekalian?? Setuju bahwa lokasi adalah faktor utama dalam menejemen pemasaran??
Barangkali ada yang akan menambahkan atau berbeda...,
TS sangat berterima kasih..

Memang ngarep dan dan juga takut dolempar ....

Namun yang paling ane harapkan disini adalah komeng yang bermutu tanpa harus menimbulkan debat kusir..


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7792647

Tidak ada komentar:

Posting Komentar