Senin, 18 April 2011

Tips Menghilangkan Stress setelah Kerja[Masuk,Gan!!]

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8015671
Tips Menghilangkan Stress setelah Kerja[Masuk,Gan!!]

Quote:
Quote:
Hmmm...sadarkah Anda jika pekerjaan kerapkali memperbudak para pekerja di kota-kota besar.Pernahkah anda merasa pekerjaan Anda mulai terasa menyebalkan karena besarnya tekanan yang Anda peroleh saat bekerja?Mungkin Anda mulai merasa klien Anda semakin rewel dan cerewet, bos Anda mulai bertingkah sangat menyebalkan dengan terus-menerus tidak puas dengan pekerjaan atau bahkan mencela hasil kerja Anda. Anehnya, hal tersebut baru terjadi belakangan ini. Mungkin ini pertanda Anda mulai mengalami apa yang dinamakan burnout atau yang biasa kita sebut dengan kejenuhan (yang biasanya disebabkan oleh stres).
Celakanya lagi, stres gara-gara pekerjaan juga merembet hingga ke rumah.
Akibatnya, istri atau suami, bahkan anak-anak pun jadi sasaran kekesalan. Bukan cuma mengomel panjang pendek, acara rumpi bersama keluarga yang seru pun batal.
Hal itu memang tidak bisa dihindari. Namun ingatlah bahwa kesehatan tubuh adalah yang terpenting, karena pikiran yang tegang dapat merusak kesehatan Anda

Daripada stres ganda seperti ini menimpa Anda, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengusir stres saat Anda pulang kerja.
Quote:
1. Tebar Senyuman



Usai menghadapi deadline pekerjaan dan bermacet ria di jalanan ibukota, saat tiba di rumah berikan senyum pada orang-orang terkasih.
Percayalah, semua stres akan sirna, saat senyum Anda dibalas senyum yang lebih manis lagi.
Quote:
2. Lupakan Pekerjaan Kantor



Eits... jangan lagi mengingat urusan kantor yaa... saat tiba di rumah. Sebaiknya, segera lakukan hal-hal menyenangkan, yang bisa mengembalikan tawa ceria Anda. Mandi air hangat dengan aroma wewangian sabun yang harum, bisa membuat tubuh rileks dan tidur pun akan lebih nyenyak.
Quote:
3. Jangan Lewatkan Makan Malam



Meja makan bisa menjadi ajang curhat yang asyik antar anggota keluarga lho... Tak perlu menu makanan mewah, masakan sederhana pun terasa nikmat di lidah, jika disantap sambil bercengkrama dengan orang-orang tersayang.
Quote:
4. Jaga Komunikasi



Jagalah komunikasi dengan sesama anggota keluarga.Telponlah mereka jika Anda tengah di kantor. Mendengar suara si kecil, bahkan dipercaya bisa menambah semangat kerja.

Nah, dengan menciptakan suasana hati yang positif, aura bahagia pasti akan terbias di wajah Anda. Bahkan dijamin hidup Anda akan jauh dari stress.
Quote:
Quote:
Tips Menghilangkan Stress saat Pekerjaan Menumpuk
Quote:
Berhenti mengeluh

Bila kita terus menerus hanya mengeluhkan pekerjaan kita, pikiran kita akan semakin tertekan dan pekerjaan tidak akan selesai juga bukan? Cobalah cari sedikit nilai positif yang bisa diambil, anggap saja ini sebagai sarana belajar bagi Anda. Atau pikirkan hal menarik yang akan Anda lakukan saat menerima gaji.

Tentukan prioritas

Memang kita tidak bisa mengerjakan semua pekerjaan sekaligus, maka tentukan mana dahulu yang lebih penting dan harus diselesaikan. Rencanakan dengan baik aktivitas Anda: apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang, tapi juga jangka pendek.

Istirahat sejenak

Sesibuk apapun Anda, saat jam istirahat, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk bersantai. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama bekerja. Bila mungkin, guanakan waktu istirahat Anda untuk tidur minimal 15 menit. Hal ini dapat membuat tubuh dan pikiran Anda lebih segar.

Makan makanan bergizi

Jangan lupa tetap memperhatikan makanan Anda agar gizi tetap tercukupi. Gizi yang cukup dapat membuat tubuh lebih sehat dan bersemangat.

Pulang pada waktunya

Bila pekerjaan dapat dikerjakan besok dan Anda tidak diminta lembur, pulanglah pada waktunya. Ini akan membantu Anda memperoleh waktu lebih banyak untuk beristirahat dan bersantai bersama keluarga.
Menikmati kehidupan di luar pekerjaanJangan campuradukkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Saat anda mempunyai waktu luang/libur, nikmatilah dengan sebaik-baiknya.

Ciptakan lingkungan kerja yang baik

Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja, dan juga mempertahankan semangat tim Anda dengan mengadakan perayaan-perayaan kecil, berolahraga, atau berekreasi bersama. Bangun iklim kerja yang menyenangkan.

Bicarakan dengan rekan kerja

Kehidupan di metropolitan membuat seseorang menjadi cenderung individualis. Sering-sering hang-out atau makan siang bareng dengan rekan-rekan kerja. Siapa tahu dengan ngobrol dengan rekan kerja, Anda dapat menemukan solusi masalah.
Semakin cepat Anda bekerja, semakin mudah Anda terserang stres. Untuk mengatasinya, selalu bawa kertas dan pensil untuk mencatat kejadian-kejadian yang membuat Anda stres di sepanjang hari kerja. Kemudian setelah tiba di rumah, coba Anda duduk dan renungkan hal-hal apa saja yang telah terjadi hari ini selama 5 sampai 15 menit.

Cuti dan refreshing

Bila Anda sudah sangat penat, cobalah minta cuti pada atasan Anda. Gunakan cuti Anda untuk mengunjungi tempat-tempat yang Anda sukai bersama keluarga atau sahabat Anda.


 http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8015671

Tidak ada komentar:

Posting Komentar