Sabtu, 23 April 2011

Cara membedakan telur yang asli dan telur yang busuk

Cara membedakan telur yang asli dan telur yang busuk

Dijamin ga repsol
uda ane cek
Sorry ga nampilin gambarnya, gabisa d'upload gan
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8125347

1. Lihat permukaannya. Cek apakah ada yang retak atau hampir pecah. karena telur yang sudah retak/ pecah akan mudah terinfeksi bakteri dari luar.
Juga cek, apakah permukaan kulitnya masih terbungkus kotoran induknya. Karena dengan itu, permukaan telur tertutupi sempurna sehingga bakteri tidak bisa masuk (nah, lo bingung). Jangan sekali-kali mencuci bersih (kecuali jika ingin diletakkan di kulkas) kulit telur jika tidak hendak diolah.
2.K etuk-ketuk permukaannya. Biasanya suara telur yang sudah busuk akan berbunyi lebih nyaring karena adanya udara di dalam telur.
3. Uji telur dengan cara pegang telur menggunakan jari telunjuk di bagian ujung atas (lebih lancip) dan jempol di bagian bawah. Tekan cukup kuat. Jika telur pecah, maka telur itu sudah atau dalam proses pembusukan. Pecahnya karena telur sudah terisi udara sehingga tekanan luar tidak menyebar merata ke dalam telur.
4. Cium. Bau telur busuk yang masih mentah bahkan yang sudah matang akan berbeda dengan yang masih sehat. Yang busuk lebih anyir, dan berbau lebih menyengat. Cium di bagian putih telurnya (untuk yang matang). Karena pembusukan oleh bakteri dimulai dari luar ke dalam, khan?
5. Apakah ada semut di sekelilingnya? Jika ada (biasanya semut kecil hitam pemakan bangkai), maka harus waspada. Mungkin saja telur itu sudah busuk. Tapi harus teliti. Karena terkadang semut hanya menginginkan apa yang di permukaannya saja (lapisan kotoran). Maka, selalu jaga agar telur selalu dalam keadaan kering agar dapat menghindari hal-hal tersebut.
6. Terakhir, tanyakan pada penjualnya tentang riwayat telurnya. Bisa kapan dikeluarkan oleh induknya, sudah dapat perlakuan apa saja, dll.


TS punya spesial tips
Yah lupa dapet drmn
Caranya masukkin telor kedalam air
kalo telornya ngambang brrti busuk gan
CMIIW

TS berharap dapet
Tp ga buat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar