Sabtu, 23 April 2011

Tahukah Anda, Ternyata Bukan Suara Tulang Saat Anda Menggerakan Sendi Anggota Tubuh

Cuma Mau share nih
mudah-mudahan gag

Sumber:
Spoiler for sumber:
http://rajwarafi.wordpress.com/2010/05/26/tahukah-anda-ternyata-bukan-suara-tulang-saat-anda-menggerakan-sendi-anggota-tubuh/


Kalo berkenan boleh minta cendol nya gan



Banyak orang beranggapan bahwa bunyi itu berhubungan dengan derak sendi yang sedang letih atau pegal-pegal, dan mempercayai bunyi itu disebabkan oleh tulang-tulang yang bergesekan. Sebenarnya bunyi berderak ini tidak disebabkan oleh pergesekan tulang, tetapi oleh gas diantara sendi yang ada pada tubuh kita.

Sendi kita mengandung sesuatu yang disebut sinovia, yang membantu melumasi sendi. Cairan sinovia mengandung gas oksigen, nitrogen, dan karbondioksida. Para Peneliti menunjukkan bahwa ketika menderakkan sebuah sendi, justru Anda menjauhkan tulang-tulangnya, dan kapsul yang mengelilingi sendi itu pun meregang.

Hal ini menyebabkan cairan sinovia menyemprot dari satu sisi buku, ke sisi buku yang lainnya. Cairan yang berpindah ini menciptakan ruang kosong, yang dengan cepat terisi dengan gas lagi. Perpindahan gas yang cepat inilah yang memunculkan bunyi letupan. Untuk kembali menderakkan buku jari yang sama, Anda harus menunggu sampai gasnya kembali ke cairan sinovia. Itulah sebabnya, kita tidak bisa menderakkan buku jari yang sama dua kali berturut-turur dengan cepat.

Konon jika sering melakukan hal ini, misalnya hal ini sering kita lakukan dijemari tangan, maka daya genggam pada sendi kita akan berkurang, dan akan menyebabkan pengapuran pada tulang atau sendi-sendi kita. So…masih mau melakukan hal ini???
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7294459

Tidak ada komentar:

Posting Komentar